Blog 4Life Sains, Sukses, Layanan

Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadan Bersama 4Life

Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadan Bersama 4Life

Ramadan telah tiba, saatnya bagi seluruh umat Muslim untuk melaksanakan salah satu Rukun Islam yaitu berpuasa selama sebulan penuh. Bila dijalankan dengan benar, puasa di bulan Ramadan secara umum berdampak positif bagi kesehatan, meskipun tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam sehari. Untuk itu, penting bagi kita semua untuk memperhatikan pola hidup sehat saat di Bulan Ramadan agar dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik.

Berikut beberapa tips sehat yang layak disimak dalam melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadan:

1. Jangan Lewatkan Sahur

Sahur merupakan salah satu bagian terpenting dari puasa. Saat sahur, tubuh memperoleh nutrisi yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah puasa. Penting bagi kita dalam memperhatikan asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sahur agar tubuh tetap sehat dalam beraktivitas selama berpuasa.

Bagaimana dengan asupan nutrisi yang sehat saat sahur?

Anda dapat memilih untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks yang sehat sebagai sumber tenaga. Pilih juga asupan nutrisi yang kaya akan protein dan jangan lupa untuk masukkan sayur dan buah ke dalam menu sahur Anda. Penuhi juga kebutuhan air dan mineral tubuh Anda secara cukup.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga dapat menambahkan NutraStart ke dalam menu sahur Anda. NutraStart tersaji dalam dua pilihan rasa, Vanila dan Coklat. Produk ini salah satu pengganti asupan makanan terbaik yang dimiliki oleh 4Life. Dalam tiap sendok NutraStart dapat ditemukan Transfer Factor E-XF™, protein kedelai, protein whey, serat, 12 jenis vitamin dan mineral untuk membantu mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

2. Tetap Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu tips agar tetap sehat saat berpuasa. Akan tetapi, pastikan melakukan olahraga yang ringan-ringan untuk menghindari rasa kelelahan dan dehidrasi akibat olahraga.

Adapun beberapa olahraga dengan intensitas rendah, antara lain adalah jalan kaki, yoga ringan, dan bersepeda santai. Selain itu, sebaiknya olahraga dilakukan menjelang berbuka puasa agar tubuh tidak lelah.

3. Cukupi Cairan Tubuh Untuk Tetap Terhidrasi

Selama berpuasa, tubuh kekurangan cairan, jika tidak dipenuhi dengan konsumsi air yang cukup. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi.

Saat berbuka puasa, Anda dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas seharian Anda dengan minum air putih. Selain itu, Anda juga dapat melengkapi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi Riovida Stix. Riovida Stix merupakan salah satu produk 4Life yang kaya akan elektrolit. Setiap bungkus Riovida Stix memiliki manfaat 4Life Transfer Factor Tri-Factor Formula yang mendukung sistem pertahanan tubuh. Ditambah dengan kandungan buah acai berry, blueberry, elderberry, anggur dan pomegranate, serta kandungan elektrolit yang dibutuhkan tubuh, membuat Riovida Stix menjadi solusi bagi Anda untuk tetap terhidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh.

4. Kurangi Mengonsumsi Makanan Tinggi Kandungan Minyak

Saat berbuka puasa, yang Anda harus perhatikan ketika makan adalah mengurangi konsumsi makanan tinggi kandungan minyak. Makanan tinggi kandungan minyak dapat menyebabkan penggumpalan sel darah merah dan mengganggu kesehatan peredaran darah dan fungsi jantung.

Untuk mendukung kesehatan jantung Anda selama berpuasa, diperlukan suplemen yang tepat. Salah satunya adalah Tranfer Factor CV dan Vitamin & Mineral. Tranfer Factor CV merupakan salah satu target produk milik 4Life yang mengandung bawang putih, hawthorn, butcher’s broom, beras ragi merah, bit merah, ginkgo biloba dan polygonum cuspidatum. Produk ini memiliki manfaat yang baik untuk mendukung kesehatan jantung dan memelihara sirkulasi darah agar dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, produk ini juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat memelihara daya tahan tubuh.

5. Perbanyak Konsumsi Protein dan Makanan Tinggi Serat Saat Berbuka Puasa

Protein dan serat tinggi sangat dibutuhkan untuk pencernaan, sehingga detoksifikasi badan tetap terjaga. Makanan berserat tinggi juga akan memberikan efek kenyang saat berbuka puasa.

Untuk mendukung sistem pencernaan tetap lancar, Tea4Life merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi setelah berbuka puasa. Tea4Life hadir dengan perpaduan rasa apel dan kayu manis, memberikan cita rasa yang unik dan disukai oleh kebanyakan orang. Ramuan kombinasi herbal alami yang terkandung didalamnya, bermanfaat untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan secara menyeluruh. Diformulasikan dari campuran herbal daun senna, kayu manis, buckthorn bark, zingiberis rhizoma dan ramuan ekstrak herbal lainnnya, menjadikan Tea4Life sebagai pilihan teh yang tepat untuk dikonsumsi setelah berbuka puasa. Banyak makanan yang telah Anda konsumsi ketika berbuka puasa, oleh karena itu diperlukan Tea4Life untuk mendukung proses pembersihan dalam pencernaan tubuh.

6. Cukup Tidur

Selain menerapkan cara-cara yang disebutkan di atas, tidur yang cukup merupakan hal yang penting untuk melengkapi rutinitas sehat Anda selama berpuasa. Setidaknya, orang dewasa perlu memenuhi 8 jam waktu tidur setiap malamnya. Hal ini dikarenakan, sistem imun dapat bekerja dengan baik ketika kebutuhan tidur tercukupi dengan baik. Oleh karena itu, meski sedang berpuasa, Anda tetap harus memperhatikan pola tidur yang sehat.


Tips-tips sehat diatas dapat Anda terapkan selama berpuasa. Pastikan agar Anda selalu mengonsumsi produk-produk pilihan dari 4Life yang mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Untuk mendukung ibadah puasa Anda agar tetap lancar, 4Life Indonesia menyediakan paket RAMADAN SPECIAL dan berhadiah merchandise 4Life Tshirt yang keren!

Dapatkan segera paket RAMADAN SPECIAL di seluruh kantor 4Life Indonesia atau Anda dapat klik link di bawah ini.

Yuk, sehat bareng 4Life di bulan Ramadan. Puasa lancar, sehat pun terjaga!