Blog 4Life Sains, Sukses, Layanan

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru Anda

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru Anda

Tahukah Anda bahwa tubuh Anda membutuhkan sekitar 17.000 hingga 30.000 napas setiap hari? Tarik napas dalam-dalam dan bersiaplah untuk mempelajari cara kerja sistem pernapasan Anda dan cara menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Kehidupan dimulai di luar rahim dengan napas pertama Anda. Bernapas adalah fungsi biologis alami. Ini adalah proses vital di mana paru-paru Anda membawa oksigen dari udara ke dalam tubuh Anda dan mengeluarkan karbon dioksida yang dihasilkan oleh sel-sel tubuh Anda. Proses ini membuat Anda tetap hidup.

Tarik napas

Fase pertama pernapasan disebut penghirupan atau inspirasi. Udara memasuki tubuh Anda melalui hidung dan mulut, mengalir ke bagian belakang tenggorokan ke tenggorokan (trakea), dan masuk melalui bronkus, tabung besar yang terhubung ke trakea dan mengarahkan udara yang Anda hirup ke paru-paru. Oksigen di udara yang Anda hirup kemudian ditransfer dari paru-paru ke aliran darah Anda.1

Bagaimana kita mendapatkan oksigen dari paru-paru kita ke aliran darah Anda?

Pada dasarnya, paru-paru Anda sangatlah menakjubkan. Di bawah mikroskop, bagian dalam paru-paru Anda terlihat seperti spons raksasa. Bronkus bercabang menjadi tabung kecil yang disebut bronkiolus, yang berukuran satu helai rambut. Di ujung tabung ini ada kantung udara kecil yang disebut alveoli.2

Tahukah Anda bahwa tubuh Anda memiliki sekitar 600 juta alveolus dan masing-masing alveolus dikelilingi oleh lapisan pembuluh darah kecil yang mirip jaring-jaring yang disebut kapiler? Oksigen mengalir dari alveolus Anda ke kapiler ini dan kemudian memasuki aliran darah Anda di mana ia dapat dibawa ke setiap sel di tubuh Anda.3

Hembuskan napas

Fase kedua pernapasan disebut penghembusan atau ekspirasi. Tujuan dari ekspirasi adalah untuk menghilangkan karbon dioksida, produk limbah yang dibentuk tubuh Anda selama produksi energi. Karbon dioksida mengikuti jalur yang sama seperti oksigen, tetapi bergerak ke arah yang berlawanan. Karbon dioksida bergerak melalui aliran darah Anda ke kapiler paru-paru Anda, kemudian masuk ke alveoli, bronkus, trakea, dan dikeluarkan melalui hidung dan mulut Anda.

Kesehatan paru-paru

Meskipun tidak sepenuhnya langsung terpapar lingkungan (seperti kulit Anda), paru-paru Anda memiliki kontak dengan dunia luar. Tergantung pada gaya hidup dan tempat tinggal Anda, ada kemungkinan bahwa Anda terpapar polutan seperti asap rokok, polusi udara, debu, dan jamur yang masing-masing dapat berdampak negatif pada paru-paru Anda.4

Sistem pernapasan Anda memiliki beberapa mekanisme untuk melindungi paru-paru Anda.5 Misalnya, rambut-rambut kecil (disebut silia) yang melapisi saluran pernapasan Anda membantu menyaring debu dan partikel lain yang masuk melalui hidung Anda. Selain itu, lendir di paru-paru Anda menangkap dan menahan debu, kuman, dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke paru-paru Anda.6 Tetapi selain itu, ada juga hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan paru-paru Anda.

Berikut adalah delapan tips untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda:

  1. Jangan merokok
  2. Konsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air
  3. Rutin berolahraga
  4. Sering mencuci tangan Anda untuk menghindari infeksi
  5. Dapatkan vaksin flu setiap tahun
  6. Mengurangi paparan terhadap kondisi udara yang tidak sehat.
  7. Hindari polutan yang dapat merusak saluran udara Anda, termasuk asap rokok, bahan kimia, jamur, tungau debu, dan radon (gas radioaktif).
  8. Pakai masker jika tidak bisa menghindari polusi udara.

Polusi udara

Faktor lingkungan, seperti panas yang ekstrem dan kebakaran hutan, menyebabkan lonjakan polusi partikel jangka pendek di banyak daerah dan merupakan tantangan bagi upaya untuk menjaga udara tetap bersih.7

Paparan jangka pendek dan jangka panjang terhadap kualitas udara yang buruk dapat merugikan kesehatan Anda.8 Efek jangka pendek bersifat sementara yang berupa iritasi mata, hidung, dan tenggorokan (kesulitan bernapas). Efek jangka panjang biasanya lebih serius karena melibatkan kerusakan pada sel dan sistem tubuh Anda (terutama paru-paru Anda).

Bertahan melawan polusi udara

Saluran udara Anda memiliki pertahanan alami yang dapat melindungi dari kerusakan akibat polusi. Namun, peningkatan paparan polutan dapat membebani sistem pertahanan Anda dan menyebabkan stres oksidatif dalam sistem pernapasan Anda.9 Stres oksidatif terkait dengan kerusakan sel dan disebabkan oleh ketidakseimbangan antara radikal bebas dan pertahanan antioksidan. Jika dibiarkan, kerusakan sel dapat mengganggu fungsi normal sistem pernapasan Anda dan akhirnya mengganggu kesehatan Anda.

Menghindari polusi udara adalah cara terbaik untuk melindungi kesehatan paru-paru Anda. Sayangnya, hal ini tidak selalu dapat dilakukan sehingga mencari cara perlindungan lain sangatlah penting. Seperti yang telah diketahui, mengonsumsi makanan yang sehat, khususnya yang kaya buah dan sayuran, merupakan salah satu cara untuk mendukung kesehatan paru-paru. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa alami tertentu dalam makanan dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru dengan cara:

1. Menghapus partikel yang berpotensi berbahaya dari sistem pernapasan Anda

  • Ginsenosides dari ekstrak akar ginseng dan vitamin C telah terbukti merangsang sel-sel sistem imun di paru-paru, yang membantu mendukung penghapusan partikel.
  • Timol, dari ekstrak thyme, dan N-asetil L-sistein dikenal sebagai mukolitik, yang membantu silia dan lendir untuk memindahkan partikel ke atas trakea.

2. Melindungi dari kerusakan saat partikel berbahaya memasuki paru-paru Anda

Antosianin dan bioflavonoid dari ekstrak buah bilberry dan jeruk; sulforaphane dari ekstrak biji brokoli; dan vitamin C, E, dan beta-karoten bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan membantu mencegah penumpukan radikal bebas berbahaya yang dapat terbentuk ketika paru-paru Anda terpapar polutan tingkat tinggi.

3. Mendukung jaringan paru-paru dan fungsi pernapasan

Ekstrak biji jintan hitam mengandung thymoquinone – senyawa aktif alami yang menenangkan saluran udara, menenangkan jaringan saluran pernapasan, dan membantu fungsi paru-paru selama tantangan seperti polusi udara.

Senyawa ini juga ditemukan dalam suplemen makanan, yang dapat digunakan bersamaan dengan diet sehat untuk membantu mengoptimalkan fungsi pernapasan.

Melindungi kesehatan paru-paru Anda adalah bagian penting dari menjaga kesehatan Anda. Dukung paru-paru Anda dan fungsi pernapasan secara keseluruhan dengan menerapkan praktik gaya hidup sehat yang dibahas dalam artikel ini dan menghindari paparan polusi udara bila memungkinkan.

 

References**: 1. https://kidshealth.org/en/kids/lungs.html 2. https://www.webmd.com/lung/how-we-breathe 3. https://www.healthline.com/human-body-maps/lung#lung-anatomy 4. https://www.epa.gov/indoor-air-quality-iaq/biological-pollutants-impact-indoor-air-quality 5. https://myhealth.alberta.ca/Health/aftercareinformation/pages/conditions.aspx?hwid=ug5638 6. https://www.lung.org/lung-health-diseases/how-lungs-work 7. https://www.lung.org/research/sota/key-findings 8. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpubh.2020.00014/full 9. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3155788/ *Link eksternal yang disediakan sebagai bentuk rasa hormat untuk pembaca blog. 4Life tidak mendukung konten yang disediakan di situs web ini atau menjamin keakuratan informasi apa pun yang ditemukan di situs eksternal ini.