Blog 4Life Sains, Sukses, Layanan

Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Selama dua tahun terakhir, kesehatan telah menjadi prioritas utama bagi banyak dari kita. Kami sekarang lebih termotivasi dari sebelumnya untuk bekerja menuju kesehatan yang lebih baik. Meskipun ada banyak cara untuk mencapai tujuan ini, salah satu cara untuk mendapatkan manfaat yang maksimal adalah dengan menjalankan rutinitas yang mendukung sistem imun tubuh Anda.

Kesehatan & Sistem Imun Tubuh Anda

Fungsi utama dari sistem imun tubuh Anda adalah untuk mempertahankan tubuh Anda dari serangan asing. Pertahanan tubuh Anda bertanggung jawab untuk menyingkirkan hal-hal berbahaya yang masuk dan merawat sel-sel tubuh Anda sendiri yang tidak bekerja dengan benar.

Karena Anda membutuhkan ketersediaan patroli imun di mana-mana, sistem imun dapat ditemukan di seluruh bagian tubuh. Sebagian besar terletak di sistem pencernaan, karena ini adalah jalan utama Anda membawa hal-hal "asing" ke dalam tubuh Anda. Di tempat lain, Anda akan menemukan sistem imun termasuk amandel, kelenjar getah bening, limpa, dan sumsum tulang.

Ada dua bagian utama dari sistem imun:

  • Sistem imun bawaan, yang Anda miliki sejak lahir. Sistem imun ini bekerja bagaikan tentara yang selalu siap sedia dalam tubuh Anda. Ini adalah sel yang selalu waspada untuk menyerang sesuatu yang asing.
  • Sistem imun adaptif, yang terus berkembang ketika tubuh Anda terpapar oleh penyerbu asing. Sistem imun ini bagaikan satuan tugas elit terlatih dalam tubuh Anda yang disiapkan untuk suatu misi tertentu. Sel-sel ini memberikan pertahanan yang tertunda terhadap penyerbu spesifik yang telah terpapar oleh tubuh sebelumnya.

Bersama-sama, kedua sistem ini bekerja untuk melindungi tubuh Anda dari bahaya dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk mendukung sistem imun Anda?

Secara umum, memilih gaya hidup sehat merupakan awal yang baik. Hal ini memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan dasar tubuh Anda, dan demikian pula sistem imun Anda, agar dapat berfungsi dengan baik.

Berikut kita akan mempelajari lebih lanjut mengenai lima strategi yang dapat Anda gunakan untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh Anda.

Tingkatkan Kesehatan Imun Tubuh Anda

1. Tidur yang cukup

Penelitian yang bertugas mengamati tidur dan kesehatan fisik telah memperjelas bahwa tidur yang teratur dan berkualitas tinggi sangatlah penting untuk fungsi imun yang baik. Studi menunjukkan bahwa tidur dapat membantu otak mengkonsolidasikan pembelajaran dan memori, di mana itu juga dapat memperkuat memori imun.

Khususnya, interaksi yang terjadi dalam komponen sistem imun selama Anda tidur, dapat memperkuat kemampuan sistem imun untuk mengingat, mengenali, dan merespon potensi ancaman kesehatan. Oleh karena itu, untuk orang dewasa, para ahli merekomendasikan tidur sekitar tujuh hingga delapan jam setiap malam.

2. Berolahraga secara teratur

Latihan intensitas sedang hingga berat telah terbukti bermanfaat bagi sistem imun dengan meningkatkan aktivitas sel imun tertentu. Dengan olahraga teratur, perubahan ini terakumulasi dari waktu ke waktu untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh Anda.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan berolahraga dapat menunda timbulnya immunosenescence, yang merupakan penurunan alami dalam fungsi imun yang terjadi seiring bertambahnya usia. Menurut World Health Organization (WHO), orang dewasa harus melakukan 150 menit latihan intensitas sedang setiap minggu, atau 30 menit lima hari per minggu. Mereka juga merekomendasikan aktivitas yang bertujuan untuk memperkuat otot dua hari per minggu.

3. Mengurangi stres

Dalam jumlah kecil, stres bisa menjadi hal yang baik. Inilah yang memungkinkan Anda untuk merespon dengan cepat dalam situasi berbahaya dan membantu Anda tetap produktif dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi tingkat stres yang tinggi, atau stres yang bertahan lama, dapat berbahaya bagi Anda. Hal ini terjadi dikarenakan ketika Anda mengalami situasi stres, otak mengaktifkan jalur sinyal stres, yang merangsang pelepasan hormon yang mengatur fungsi imun tubuh.

Stres kronis membuat jalur ini tetap aktif dan kadar hormon, seperti kortisol, tetap tinggi. Ketika ini terjadi, respon imun bawaan dan adaptif menjadi tertekan dan berpotensi mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk mempertahankan diri dari bahaya. Untuk alasan ini, diperlukannya cara untuk melakukan kegiatan yang mengurangi stres, seperti meditasi, ke dalam kehidupan sehari-hari Anda yang berperan penting untuk mendukung kesehatan imun tubuh.

4. Konsumsi buah dan sayuran

Nutrisi yang baik diperlukan agar semua sel dapat berfungsi secara optimal, termasuk sel-sel sistem imun tubuh Anda. Diet seimbang menghasilkan energi yang dibutuhkan sel-sel imun untuk menjalankan banyak fungsinya. Mikronutrien spesifik dan komponen makanan, ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, juga memiliki peran khusus dalam pengembangan dan pemeliharaan sistem imun yang efektif.

Contohnya adalah zinc yang dapat mengatur pembelahan sel dan sangat penting untuk respon imun yang sukses. Selain itu, asam amino glutamin menyediakan sumber energi untuk sel-sel imun dan berfungsi sebagai prekursor untuk sintesis DNA, yang penting untuk sel-sel yang membelah dengan cepat ini. Menurut pedoman diet USDA, orang dewasa harus mengonsumsi dua setengah cangkir sayuran dan dua cangkir buah setiap hari.

5. Konsumsi suplemen penambah imun

Cara terbaik untuk menambah nutrisi adalah melalui makanan. Sebagian besar makanan yang dibuat oleh alam mengandung berbagai nutrisi yang seimbang dan mudah diserap oleh tubuh Anda. Tapi, karena tidak selalu mudah untuk mempertahankan diet yang sempurna, mencari cara untuk mengisi kekosongan itu penting. Di situlah suplemen masuk; mereka menyediakan cara alternatif untuk mendapatkan nutrisi yang mungkin kurang dalam tubuh Anda.

Untuk menjaga kesehatan imun tubuh, konsumsilah makanan dan/atau suplemen yang mengandung nutrisi seperti glutamin, zinc, vitamin C, vitamin D, selenium, dan zat besi. Nutrisi ini telah diidentifikasi sebagai penting untuk pertumbuhan dan fungsi sel-sel imun.

 

Saat Anda berupaya menjalankan strategi ini ke dalam rutinitas harian Anda, perlu diingat bahwa ini hanyalah pedoman yang dimaksudkan untuk membantu Anda sepanjang perjalanan menuju kesehatan yang lebih baik. Penting untuk diingat bahwa Anda adalah individu yang memiliki kebutuhan unik. Karena itu, perhatikan baik-baik bagaimana setiap penerapannya membuat Anda merasakan dan mengadaptasikannya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan spesifik Anda.