9 Panduan Untuk Sistem Imun Tubuh yang Sehat

9 Panduan Untuk Sistem Imun Tubuh yang Sehat
Salin URL

Ketika Anda merasa sehat, Anda dapat menjalani hidup sebaik mungkin. Untuk melakukan ini, Anda memerlukan sistem imun tubuh. Baca dan pelajari panduan untuk sistem imun tubuh yang sehat dari The Immune System CompanyTM


1. Tidur yang Cukup

Tahukah Anda? Berdasarkan penelitian, tidur yang cukup sangat penting untuk sistem imun agar dapat berfungsi secara optimal. Saat Anda sedang beristirahat, sistem imun melakukan tugasnya untuk memelihara dan mendukung kesehatan tubuh Anda. Akan tetapi, apabila Anda kurang tidur, hal ini menyebabkan lebih dari sekedar kelelahan, yaitu memungkinkannya fungsi sistem imun tubuh menjadi kurang efektif.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Sangatlah penting bagi Anda untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, karena kandungannya yang kaya akan vitamin C dan E, serta sayuran hijau yang mengandung B6, memberikan manfaat bagi tubuh Anda. Ketiga nutrisi ini berkontribusi dalam mendukung fungsi sistem imun tubuh yang sehat.

3. Jagalah Kebersihan

Seperti halnya pribahasa “bersih pangkal sehat”, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan Anda demi kesehatan yang lebih baik. Contohnya, dengan rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah Anda—terutama setelah mengunjungi tempat umum.

4. Rajin Berolahraga

Olahraga adalah kunci untuk sistem imun yang sehat! Tidak hanya membuat Anda sehat secara fisik saja, akan tetapi juga dapat membantu mengurangi stres mental serta meningkatkan kualitas tidur Anda. Olahraga ringan merupakan pilihan yang bagus untuk mendukung sistem imun tubuh yang sehat.

5. Beristirahat Sejenak

Olahraga itu penting, tetapi istirahat setelah berolahraga sama pentingnya. Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk memulihkan diri setelah berolahraga berat, dengan memberikan jeda untuk beristirahat dan menghindari latihan berlebihan. Hal tersebut sangat penting, karena tanpa adanya istirahat, tubuh akan melemah dan fungsi sistem imun tubuh menjadi terganggu.

6. Konsumsi Suplemen Bergizi

Terkadang tidak mudah untuk mengandalkan kesehatan tubuh Anda hanya dari makanan yang Anda konsumsi. Multivitamin harian atau suplemen pendukung sistem imun dapat membantu Anda mencapai kesehatan sistem imun yang dibutuhkan.

7. Meminimalisir Tingkat Stres Mental

Stres mental memiliki efek biologis pada sistem imun Anda. Reaksi fisik terhadap stres dapat merusak kesehatan sistem imun Anda. Karena itu, kelola stres agar tidak merusak sistem imun tubuh.

8. Hindari Narkoba dan Alkohol

Alkohol dan obat-obatan dapat membatasi efektivitas sistem imun tubuh Anda. Berdasarkan penelitian, terdapat korelasi antara penggunaan narkoba dan/atau alkohol dengan kinerja sistem imun tubuh.

9. Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Salah satu vitamin yang merupakan komponen kunci untuk mendukung fungsi sistem imun yang lebih baik adalah vitamin D. Ingin tahu di mana mendapatkannya? Tidak perlu jauh-jauh, karena Anda pun bisa mendapatkannya di halaman belakang rumah Anda! Cukup dengan berjemur selama 5−30 menit di bawah sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh Anda!